INILAH CARA MENULIS ARTIKEL BAGI PEMULA

KBM Admin

Bogor

Last updated on Jan 4, 2023

Posted on Des 15, 2022

Menulis dalam KBBI diartikan sebagai melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Menulis pun diartikan sebagai sebuah kegiatan untuk menuangkan ide, gagasan, pikiran bahkan perasaan melalui tulisan.

Salah satu diantaranya adalah artikel sebuah karya tulis yang ditulis dengan lengkap layaknya suatu esai yang tercantum dalam majalah maupun surat kabar dengan didasarkan kepada fakta serta bersifat faktual dan tidak melupakan tujuan utama yakni memberikan informasi, menghibur pembaca, dan memberikan keyakinan kepada khalayak ramai.

Bagi pemula pun masih bisa menulis artikel apapun dengan memiliki tekad yang kuat dan melihat Langkah-langkah berikut :

1. Menentukan Tema

Menentukan tema memberikan arahan yang jelas mengenai apa yang harus di tulis, spesifikasi tema sangat diperlukan agar tulisan tidak keluar dari jalur yang diinginkan.

2. Mengandung unsur 5W+1H

· What             : Apa persoalannya

· Where          : dimana tempatnya

· When            : Kapan

· Who              : Siapa

· Why               : Mengapa

· How               : Bagaimana

3. Mencari referensi dan rujukan yang jelas

Demi menunjang tulisan yang lebih menarik tentu dibutuhkan referensi yang sesuai dengan tema yang akan diangkat, dengan demikian tulisan yang akan ditulis bisa melihat dari berbagai referensi jelas.

4. Menulis arikel secara singkat, padat dan to the point

Menulislah dengan kalimat efektif yang mudah dipahami, hindari mengulang kata hanya untuk memperpanjang artikel. Tulislah informasi dengan kata-kata yang jelas agar pembaca memahami terkait isu yang ditulis.

5. Membuat judul yang menarik

Judul bagian yang sangat penting dalam artikel, karena melalui judul akan menjadi penentu awal pembaca untuk ingin selalui melanjutkan membacanya. Usahakan tidak menulis judul artikel dengan Panjang.

6. Menulislah dengan konsisten

Kunci dari mengerjakan sesuatu hal yang baru adalah rutin, karena dengan mengulangi habitakan terlatih. Jadi jangan sepelekan hal kecil yang selalu diulang setiap harinya, memulai memang gampang akan tetapi menjaga konsistensi butuh waktu.

; ; ; ;

Share on

Tags

Subscribe to see what we're thinking

Subscribe to get access to premium content or contact us if you have any questions.

Subscribe Now